×

PUSAT KINCIR

PUSAT KINCIR

Nama

Email *

Pesan *

Menu
  • HOME
    • Kincirair.id
  • SERVICES
  • PRODUCTS
    • POMPA
    • KINCIR
      • KINCIR 1HP-3PH
      • KINCIR 1HP-1PH
      • KINCIR 2HP-3PH
      • JET AERATOR
      • SP-KINCIR
    • SP-KINCIR
      • PELAMPUNG
      • ELECTROMOTOR
      • GEARBOX MC
      • KIPAS-IMPELLER
      • MOVABLE JOINT
  • POMPA
    • POMPA IRIGASI
    • POMPA CELUP
      • TYPE KL
      • TYPE KS
      • TYPE SS
      • TYPE SFA
      • TYPE MCP
    • BLOWER
      • RING BLOWER
      • ROOT BLOWER
  • CONTACT

Pusat Kincir Tambak

PUSAT PENJUALAN PERALATAN SARANA PRODUKSI TAMBAK (0812-8899-7680)

Minggu, 31 Januari 2021

Cara cek kumparan Dinamo masih baik atau sudah rusak

  Januari 31, 2021 Pusat Penjualan Sarana Produksi tambak   TIPS   No comments

 Cara cek kumparan Dinamo masih baik atau sudah rusak 


Siapkan alat yang harus ada dalam pemeriksaan. Untuk memeriksa dan cek dinamo, sobat harus menyiapkan alat yang bernama AVO meter.

Sediakan juga alat yang dapat membantu pekerjaan lain seperti tang dan isolasi. Bagi sobat yang belum paham penggunaan AVOmeter,

Pada umumnya, motor listrik 1 fasa terbagi 3 yaitu :
  • motor listrik Kapasitor;
  • motor listrik saded pole;
  • motor listrik Universal. 

1. Cara cek Motor Listrik | kapasitor baik atau rusak

Motor listrik jenis ini merupakan jenis motor listrik yang paling banyak digunakan. Ciri-ciri motor listrik (dynamo) ini tentu adalah memiliki yang namanya Kapasitor.

Jenis motor listrik yang termasuk motor listrik kapasitor adalah :
  • Pompa air
  • Kincir air,
  • dan benda-benda lain dengan kapasitor. 
Jenis motor listrik ini memiliki kabel keluaran 3, maka untuk pemeriksaan bisa dilihat seperti Intruksi pada gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik baik atau sudah rusak
Yang berwarna biru bisa kita ibaratkan sebagai motor listrik, dan yang berwana Hitam itu kapasitor. Sementara garis biru, merah dan kuning bisa kita ibarat sebagai ketiga kabel keluaran dari motor listrik
Jika sobat sedang memeriksa motor listrik Kincir air, pasti kebingungan karena kincir air memiliki 2 kabel keluaran, maka sobat harus membuka penutup kapasitor untuk melihat ketiga kabel keluaran motor listrik.

Yang harus sobat lakukan sebetulnya cukup sederhana, yaitu mengukur ketiga kabel tersebut satu persatu. Misalnya seperti pada gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak

Pada gambar diatas dijelaskan bahwa sebelum pengukuran dilakukan, pisahkan dulu kabel dari kapasitor. 
Ini dimaksudkan supaya arus dari kapasitor tidak terhitung dan mempengaruhi hasil pengukuran. Jika sudah dipisahkan silahkan lakukan pengukuran. Dengan cara :

1. Arahkan AVOmeter agar mengukur tahanan atau Ohm

2. Pasti sobat tahukan bagaimana caranya, sudah saya beberkan di pembahasan cara menggunakan AVO meter diatas Loh… maka jangan sampai lewatkan pembahasan itu ya...

3. Kalibrasikan Jarum pengukur Avometer Setelah itu hubungkan kedua jarum pada masing masing kabel, agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar diatas.

4. jika setelah diukur terjadi kalibrasi jarum penunjuk pada AVOmeter yang tidak terlalu jauh, itu menunjukan masih ada resistansi, berarti bagus.

5. Kemudian pindahkan 1 jarum pengukuran ke kabel yang belum diukur dan biarkan 1 jarum lain pada kabel yang sama dan silahkan cek kembali. Apakah ada resistansi?
Jika ADA berarti motor listrik kapasitor sobat dalam keadaan baik.

Cara ini juga bisa digunakan untuk menentukan kabel kabel utama dan kabel untuk kapasitor. Agar kebih jelas bisa sobat baca : cara menentukan fungsi kabel pada motor listrik Kapasitor 

6. Setelah pengukuran dilakukan antara kabel dengan kabel, sobat juga bisa mengukur kabel dengan bodi motor listrik, ini dimaksudkan untuk mengecek apakah terjadi arus bocor pada body atau tidak.

7. Jika ada resistansi dengan ditunjukan pada jarum AVometer bergerak yang besar berarti sudah ada arus bocor pada body motor. ini masalah....

8. Namun, jika tidak ada berarti motor listrik kapasitor tersebut masih dalam keadaan baik.

9. Setelah pengecekan motor listrik selesai, sebaiknya sobat periksa kapasitor apakah masih bagus atau sudah rusak, 

Jika setelah di periksa bagian kabel kumparan motor listrik sesuai, yang ditandai dengan terhubungnya masih-masing kabel dengan ada sedikit resistansi atau hambatan itu menujukan bahwa Dinamo motor listrik sobat dalam keadaan baik.

Tetapi kok masih gak jalan?

berarti kerusakan bukan pada Kumparannya, bisa jadi di bagian bearing, poros dan kapasitornya... silahkan cek lagi


2. Cara cek Motor listrik | shaded Pole apakah masih bagus

Motor listrik shaded Pole adalah motor (Dinamo) yang berbentuk lilitan besar saja, ciri lilitannya sama seperti lilitan Transformator.
Benda yang memiliki motor listrik shaded Pole adalah
  • beberapa jenis Kipas angin 
  • blower
  • kipas pada kulkas
  • pompa Aquarium
Untuk cek motor listrik jenis ini akan lebih mudah dibanding dengan mengukur motor listrik kapasitor karena kabel keluarannya hanya dua.

Meskipun kabel keluarannya ada 4 atau 3, bisa menggunakan metode yang sama dengan pengukuran motor listrik kapasitor. jadi untuk mengukur motor listrik jeni ini, bisa menggunakan metode pengecekan diatas.

 Agar lebih paham, bisa lihat gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak

Langkahnya hampir sama dengan Pengecekan motor listrik kapasitor, yang membedakannya, pengecekan motor listrik ini lebih mudah.

1. Cek bagian sambungan kabel apakah ada aliran listriknya atau tidak
2. Cek sambungan kabel dengan Bagian body keren dinamo apakah ada arus mengalir atau tidak, jika ada berarti ada kebocoran dan itu tidak baik, namun jika tidak ada berarti dinamo dalam keadaan baik

3. Cara cek kerusakan Motor listrik | Universal

Motor listrik ini merupakan jenis motor listrik yang memiliki lilitan dibagian stator dan bagin rotor, maka dalam segi tenaga lilitan ini lebih besar dan lebih cepat dibanding dua jenis motor diatas.

Alat yang menggunakan motor jenis ini adalah :
  • gerinda, 
  • Bor, blender, 
  • mixer 
  • dan lain-lain. 
  • Pokonya cirinya adalah penggunaan karbon pada motor tersebut. 

Pengecekan Motor jenis ini juga hampir sama dengan kedua temannya diatas yang membedakan hanya pada posisi bagian mana yang diukurnya.

Karena jenis motor listrik Universal memiliki dua lilitan, maka kita harus cek satu persatu lilitan-lilitan tersebut.

Masih menggunakan AVOmeter sebagai Alat paling penting seorang Teknisi Pertama,

Motor Universal yang akan diukur harus tidak berarus listrik. 

1. Cabut stekernya.
2. Setelah itu, on kan saklar jika benda yang memiliki saklar.
3. Lalu cek bagian lilitan statornya.

4. Pengecekan bagian stator ini sedikit agak ribet, karena sobat harus membuka dulu kedua karbonnya. Kemudian hubungkan jarum pengukuran AVO pada salah satu Steker dan satu lagi pada wadah karbon pada motor listrik.

5. Jika setelah pengukuran tidak terjadi kalibrasi, silahkan pindahkan jarum pengukur pada karbon satunya lagi.

6. Jika masih tidak terjadi kalibrasi, ada kerusakan.

7. Namun jika ada kalibrasi, coba cek bagian sambungan antara steker satunya lagi.

8. Jika ada kalibrasi berarti bagus. Itupun kalibrasinya tidak terlalu lepas,

karena bisa jadi kalibrasi tersebut menunjukan Trip atau beban lebih.

Lihat gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak

Mudah bukan…

Mohon maaf bila gambarnya kurang jelas,

Selanjutnya sobat bisa cek bagian lilitan Rotornya atau bisa dikenal dengan nama Angker.

Pemeriksaan anker cukup dengan melihat kondisinya saja. Jika pada angker ada bagian yang gosong, berarti sudah rusak, jika masih mulus, berarti masih bagus dan bisa digunakan.
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak menggunakan AVOmeter

Itu adalah cara cek motor listrik atau dinamo baik atau sudah rusak dengan menggunakan AVOmeter.

Bagaimana dengan anda yang tidak menggunakan AVOmeter ?

Bagi anda yang tidak memiliki AVOmeter atau alat ukur listrik lain, bisa menggunakan cara cek motor listrik dengan cara sederhana seperti cek tempelatur motor listrik dan kecepatan motor listrik tersebut.

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Bagikan ke XBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest
  • Share This:  
  •  Facebook
  •  Twitter
  •  Google+
  •  Stumble
  •  Digg
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Related Posts:


Gejala Udang Terserang CMNV

Perbedaan Antara PL (Post Larva) de...

Cara merakit dan memasang Kincir ai...

Cara memasang Kipas Kincir tambak d...

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bu...
Related Posts Widget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
  • Popular Post
  • Video
  • Category

Popular Posts

  • Cara cek kumparan Dinamo masih baik atau sudah rusak
      Cara cek kumparan Dinamo masih baik atau sudah rusak  Siapkan alat yang harus ada dalam pemeriksaan. Untuk memeriksa dan cek dinamo, sobat...
  • Perahu untuk beri makan udang dan ikan di tambak
     Perahu untuk beri makan udang dan ikan di tambak Perahu / kano / pelampung yang bisa di naiki 1-3 orang yang berfungsi memberikan makan ata...
  • Oli Kincir Tambak
    Oli Kincir Tambak Untuk Keperluan Pelumasan Gigi pada Gearbox Kincir di Perlukan Oli, adapun jenis Oli yang cocok untuk Kincir yaitu Oli Me...
  • Bevel gear Kincir tambak
     Bevel gear Kincir tambak Bagi petambak udang dan ikan yang mengalami kerusakan gear ataupun as di dalam gearbox tidak perlu kuatir, karena ...
  • Katalog Kincir tambak brand FUTI
     Katalog Kincir tambak brand FUTI Kincir tambak Futi adalah salah satu merek atau brand Kincir air tambak yang banyak di gunakan di Indonesi...
  • Cara cek kapasitor motor listrik 1 phase
    Apa itu kapasitor? Kapasitor adalah alat yang digunakan untuk berbagai macam keperluan elektronik dan elektrikal seperti menyaring frekuensi...
  • GEARBOX KINCIR DARI BAHAN NYLON
    Gearbox, dari bahan Nylon dan anti karat. GEAR BOX ANTI KARAT MODEL : MECHANICAL SEAL TERBUAT DARI BAHAN : NYLON Dilengkapi gearbox bahan ...
  • MOTOR KINCIR 1 HP - 3 PH
    Motor Kincir Tambak. Deskripsi Elektromotor 1 HP - 3 PH Elektromotor/ Dynamo Power 1HP yaitu 750 watt dengan Voltase 380 Volt 3 phase 50...
  • KINCIR MURAH - 2HP
    Kincir Murah 2HP Deskripsi KINCIR TAMBAK TYPE - 2HP DESCRIPTION 2 HP, 1.5 KW (320-400 V) 3.6 AMPERE Impeller/Kipas : 4 Unit High Quality E...
  • KINCIR TAMBAK 1HP 3 PH
    Kincir Tambak Udang. Deskripsi KINCIR AIR 1HP-3PHASE KINCIR AIR 1 HP, 3 PHASE 750 WATT (320-400 V) MOTOR 1 HP (3 PHASE) 1.3 A . 1400 RPM I...

TOKO ONLINE

Popular Posts

  • Cara cek kumparan Dinamo masih baik atau sudah rusak
      Cara cek kumparan Dinamo masih baik atau sudah rusak  Siapkan alat yang harus ada dalam pemeriksaan. Untuk memeriksa dan cek dinamo, sobat...
  • Perahu untuk beri makan udang dan ikan di tambak
     Perahu untuk beri makan udang dan ikan di tambak Perahu / kano / pelampung yang bisa di naiki 1-3 orang yang berfungsi memberikan makan ata...
  • Oli Kincir Tambak
    Oli Kincir Tambak Untuk Keperluan Pelumasan Gigi pada Gearbox Kincir di Perlukan Oli, adapun jenis Oli yang cocok untuk Kincir yaitu Oli Me...
  • Bevel gear Kincir tambak
     Bevel gear Kincir tambak Bagi petambak udang dan ikan yang mengalami kerusakan gear ataupun as di dalam gearbox tidak perlu kuatir, karena ...
  • Katalog Kincir tambak brand FUTI
     Katalog Kincir tambak brand FUTI Kincir tambak Futi adalah salah satu merek atau brand Kincir air tambak yang banyak di gunakan di Indonesi...
  • Cara cek kapasitor motor listrik 1 phase
    Apa itu kapasitor? Kapasitor adalah alat yang digunakan untuk berbagai macam keperluan elektronik dan elektrikal seperti menyaring frekuensi...
  • GEARBOX KINCIR DARI BAHAN NYLON
    Gearbox, dari bahan Nylon dan anti karat. GEAR BOX ANTI KARAT MODEL : MECHANICAL SEAL TERBUAT DARI BAHAN : NYLON Dilengkapi gearbox bahan ...
  • MOTOR KINCIR 1 HP - 3 PH
    Motor Kincir Tambak. Deskripsi Elektromotor 1 HP - 3 PH Elektromotor/ Dynamo Power 1HP yaitu 750 watt dengan Voltase 380 Volt 3 phase 50...
  • KINCIR MURAH - 2HP
    Kincir Murah 2HP Deskripsi KINCIR TAMBAK TYPE - 2HP DESCRIPTION 2 HP, 1.5 KW (320-400 V) 3.6 AMPERE Impeller/Kipas : 4 Unit High Quality E...
  • KINCIR TAMBAK 1HP 3 PH
    Kincir Tambak Udang. Deskripsi KINCIR AIR 1HP-3PHASE KINCIR AIR 1 HP, 3 PHASE 750 WATT (320-400 V) MOTOR 1 HP (3 PHASE) 1.3 A . 1400 RPM I...

WA CENTER

WA CENTER : 0812-8899-7680
SUPPORT : 0812-1937-7529

Blog Archive

  • ►  2024 (4)
    • ►  Juni (4)
  • ►  2023 (8)
    • ►  Desember (3)
    • ►  Mei (2)
    • ►  Maret (2)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2022 (25)
    • ►  Desember (4)
    • ►  November (7)
    • ►  Oktober (2)
    • ►  September (4)
    • ►  Agustus (8)
  • ▼  2021 (19)
    • ►  April (8)
    • ►  Maret (1)
    • ►  Februari (2)
    • ▼  Januari (8)
      • Cara cek kapasitor motor listrik 1 phase
      • Cara cek kumparan Dinamo masih baik atau sudah rusak
      • Mesin pembuat Pelampung Kincir tambak
      • MENINGKATKAN NAFSU MAKAN PADA UDANG
      • Tips Menjaga Stabilitas DO pada Tambak Udang
      • Tips Penebaran Benur Udang yang Baik dan Benar
      • Tips Singkat Bertambak Udang di Musim Hujan
      • Kincir Wangjia Sahabat petambak
  • ►  2020 (36)
    • ►  Desember (9)
    • ►  November (6)
    • ►  September (2)
    • ►  Agustus (19)

Tags

  • KINCIR
  • POMPA
  • SP.KINCIR
  • TAMBAK
  • TIPS

Link Toko Online

Tokopedia.com

Bukalapak.com

Shopee.co.id

TokoKo.ID

Cara Pasang Kincir Wangjia

Top Sites

  • Pompa Tambak
  • SP. Kincir
  • Pusat Kincir
  • Blower
  • Webmail

Contact WA/Email

+081288997680

11.AGP.JKT.11@GMAIL.COM
Copyright © 2025 Pusat Kincir Tambak | Powered by Blogger Design by XML Blogger Templates | Blogger Theme by - | -

WA